DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KONSENTRASI KEPEMILIKAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RELEVANSI NILAI INFORMASI AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI, INFRASTRUKTUR DAN UTILITAS YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2018
PENGARANG:KUKUH DWI ATMOJO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-08


ABSTRAKSI

 

Kukuh Dwi Atmojo (2020). Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Relevansi Nilai Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Transportasi, Infrastruktur dan Utilitas Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2016-2018. Pembimbing: Dwianto Mukhtar Latif.

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) Menguji dan menganalisis pengaruh konsentrasi kepemilikan terhadap relevansi nilai informasi akuntansi pada perusahaan transportasi, infrastruktur dan utilitas yang terdaftar di BEI, (2) Menguji dan menganalisis ukuran perusahaan terhadap relevansi nilai informasi akuntansi pada perusahaan transportasi, infrastruktur dan utilitas yang terdaftar di BEI.

Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 perusahaan transportasi, infrastruktur dan utilitas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Data diolah dengan teknik Analisis Regresi Linear Berganda dengan Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolonieritas, dan Uji Autokorelasi), Koefisien Determinasi (R2) dan Uji Hipotesis (Uji t) menggunakan SPSS 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi kepemilikan berpengaruh negatif terhadap relevansi nilai laba dan tidak berpengaruh terhadap relevansi nilai buku, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap relevansi nilai laba dan berpengaruh positif terhadap relevansi nilai buku.

 

Kata Kunci: Konsentrasi Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, dan Relevansi Nilai Informasi Akuntansi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI