DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BERBAGAI MACAM HURUF DENGAN PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN TALKING STICK SERTA PEMANFAATAN MEDIA PAPAN FLANEL DI KELOMPOK B1 TK ARRAHMATUL ABADIYYAH BANJARMASIN
PENGARANG:ASKIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-09


 

ABSTRAK

Askiah. Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Berbagai Macam Huruf dengan Penerapan Model Explicit Instruction dan Talking Stick Serta Pemanfaatan Media Papan Flanel dikelompok B1 TK Arrahmatul Abadiyyah.          

Skripsi Program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Ati Sukmawati, M.Kom.

Kata Kunci: Kognitif, Model Explicit Instruction, Talking Stick dan Media Papan Flanel

 

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam pemahaman mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan. Dalam proses pembelajaran dan capaian perkembangan anak dalam mengenal lambang huruf masih rendah.

 Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan kemampuan kognitif anak, aktivitas belajar anak, dan aktivitas guru Kelompok B1 TK Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin dalam pembelajaran mengenal lambang huruf, vocal dan konsonan menggunakan kombinasi model explicit instruction, talking stick dan media papan flanel.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan selama 1 kali pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah anak kelompok B1 dengan jumlah anak sebanyak 15 anak di TK Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi perkembangan kognitif, aktivitas anak dan aktivitas guru. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif diperoleh dari hasil perkembangan kognitif, aktivitas anak dan aktivitas guru.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil perkembangan kognitif anak melalui kombinasi model explicit instruction, talking stick dan media papan flanel, yaitu mendapat kriteria belum berkembang, aktivitas anak mendapat kriteria cukup aktif dan hasil aktivitas guru mencapai kriteria baik.

Berdasarkan hasil pertemuan dalam penelitian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran model explicit instruction, talking stick dan media papan flane dapat mengembangkan perkembangan kognitif , aktivitas anak, dan aktivitas guru dalam mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan dari mengetahui data lembar hasil aktivitas kemampuan kognitif, aktivitas belajar anak dan aktivitas guru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI