DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MELANJUTKAN SEBAGIAN CERITA ATAU DONGENG YANG TELAH DIPERDENGARKAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, METODE BERCERITA, DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B TK MARGO UTOMO KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ALMA FIRDHA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-09


 

 

ABSTRAK

 

Firdha Aulia, Alma. 2020. “Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak dalam Melanjutkan Sebagian Cerita atau Dongeng yang telah Diperdengarkan Menggunakan Kombinasi Model Picture And Picture, Metode Bercerita, dan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B TK Margo Utomo Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala”.

 

Pembimbing : Dr. Mariatul Kiptiah, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci:Melanjutkan Sebagian Cerita atau Dongeng yang telah diperdengarkan, Model Picture And Picture, Metode Bercerita, dan Model Talking Stick.

 

Penelitian dilatar belakangi pada rendahnya kemampuan bahasa anak dalam melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan. Penyebab ini dikarenakan kurangnya media bahan pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk ditampilkan, kurangnya inovasi model dan metode pembelajaran yang digunakan, kurangnya stimulus yang diberikan guru kepada anak dalam kegiatan pembelajaran, anak menjadi kurang mampu dalam melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan.

 

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di TK Margo Utomo Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala pada anak kelompok B yang berjumlah 16 orang anak, terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai ≥ 34 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak secara klasikal memperoleh skor 90% sangat aktif, dan hasil perkembangan bahasa 16 orang anak memperoleh bintang ≥ (???) kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik secara klasikal  mencapi skor 93,75% anak berhasil berkembang.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Kombinasi Model Picture and Picture, Metode Bercerita, dan Model Talking Stick dapat mengembangkan kemampuan  Bahasa pada Anak Kelompok B TK Margo Utomo Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi dan bahan pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas khususnya mengembangkan kemampuan bahasa dalam melanjutkan sebagian cerita atau dongeng yang telah diperdengarkan.


 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI