DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PELAYANANPENERBITANIZIN USAHA MIKRO DAN KECIL(IUMK)DI KANTOR KECAMATAN JEKAN RAYA KOTA PALANGKA RAYA
PENGARANG:ANDRY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-09


 

Andry. 2019. Kinerja Pelayanan Penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) DI Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Tesis. Program Pascasarjana Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 

 

Pembimbing: (1) Tomi Oktavianor. (2) Muslih Amberi.

 

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menjelaskan kegiatan pelayanan publikmelalui organisasi pemerintahan termasuk/organisasi bidang administratif seperti Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sebagai Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN), yang menyediakan jenis pelayanan perizinan dan non perizinan. Selain itu, Peraturan Presiden nomor 98 tahun 2014 yang dijadikan acuan oleh Kantor Kecamatan Jekan Raya dalam konteks perizinan penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Kinerja pelayanan merupakan menjadi salah satu penting dalam penyedia layanan publik terkhususnya pada pelayanan perizinan IUMK walaupun masih memiliki beberapa keluhan atau pengaduan masyarakat bahwa kinerja pelayanan publik masih belum maksimal.

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu Kinerja Pelayanan penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) DI Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Pelayanan Penerbitan IUMK DI Kantor Kecamatan Jekan Raya. Dengan penelitian Deskriptif dan metode Kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena-fenomena yang ada. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer diolah dari hasil pengamatan dan wawancara mendalam dengan aparatur/pegawai Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Sedangkan, Data Skunder diperoleh dari Kantor Kecamatan Jekana Raya Kota Palangka Raya tersebut.

 

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Pelayanan Penerbitan Izin Usaha Mikro Dan  Kecil (Iumk) Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya sudah cukup optimal/baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator Produktivitas, Responsivitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini juga menunjukan bahwa faktor-faktor internal dan eksternal mempengaruhi Kinerja Pelayanan Penerbitan IUMK Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.

 

 

 

Kata Kunci: Kinerja Pelayanan, IUMK, Kecamatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI