DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PATRON DAN KANDIDASI (STUDI DINAMIKA KANDIDASI PARTAI POLITIK GOLONGAN KARYA KABUPATEN BARITO KUALA)
PENGARANG:Maulida Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-10


ABSTRAK

 

Maulida Rahmah, D1B114071, 2020, Patron dan Kandidasi (Studi Dinamika Kandidasi Partai Politik Golongan Karya Kabupaten Barito Kuala). Pembimbing I Andi Tenri Sompa dan Pembimbing II Siti Hamidah.

Tujuan penelitian ini dapat peneliti kemukakan untuk menggali lebih dalam tentang mengetahui pola relasi antara Haji Leman (patron) dengan pengurus dan kader partai Golongan Karya (klien) di Kabupaten Barito Kuala dan proses kandidasi pada partai Golongan Karya untuk Pilkada Kabupaten Barito Kuala setelah tak adanya peran patron.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Patron-Klien oleh James C. Scott untuk mengetahui pola relasi dan teori kandidasi dari Reuven Y. Hazan dan Gideon Rahat untuk menganalisis proses penyeleksian calon kandidat.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola relasi yang terjadi antara Haji Leman dengan pengurus dan kader partai Golongan Karya di Kabupaten Barito Kualadigambarkan melalui hubungan patron dengan klien karena adanya ketidaksamaan timbal balik yang diterima dan diberikan pihak patron dalam hubungan pertukaran pihak klien tidak mampu membalasnya sehingga hal itu membuatnya tetap terikat pada patron.(2) Proses kandidasi pada partai Golongan Karya untuk Pilkada Kabupaten Barito Kuala setelah tak adanya peran patron jika ditinjau dari pelaksanaan yang termuat dalam Juklak Partai Golongan Karya maka tidak ada perbedaan. Namun perbedaan terlihat dalam pengambilan keputusan ataupun arah partai bahwa selepas Golongan Karya dipimpin Haji Leman yang lebih berpengaruh adalah Ketua DPD Golongan Karya masing-masing daerah.

Secara garis besar diharapkan Partai Golongan Karya lebih mandiri secara finansial agar kegiatan dan roda organisasi tetap berjalan dengan semestinya meski tidak ada aktor patron yang mampu menopang serta menggunakan semaksimal mungkin Juklak yang telah ada, baik dari tahap awal hingga akhir serta perlunya pengawasan agar tidak terjadi interaksi informal dalam proses kandidasi.

 

Kata Kunci : Patron, Kandidasi, Politik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI