DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kontribusi Persepsi Guru Tentang Efektifitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Iklim Sekolah melalui Kecerdasan Emosional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarmasin
PENGARANG:Imam Rahmadani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-13


Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mendeskripsikan persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, dan iklim sekolah, (2) menganalisis kontribusi persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, terhadap iklim Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 324 guru sekolah dasar negeri Kota Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui googleform. Uji validitas menggunakan uji  butir-total dengan rumus product moment. Uji reliabilitas menggunakan jenis konsistensi internal dengan tehnik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda dengan uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinieritas, uji Homogenitasi, dan diakhiri uji analisis jalur.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut; (1) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kecerdasan emosional guru; (2) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim sekolah; (3) Terdapat kontribusi komunikasi interpersonal terhadap kecerdasan emosional guru; (4) Terdapat kontribusi komunikasi interpersonal terhadap iklim sekolah; (5) Terdapat kontribusi kecerdasan emosional guru terhadap iklim sekolah; (6) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim sekolah melalui kecerdasan emosional guru; (7) Terdapat kontribusi komunikasi interpersonal terhadap iklim sekolah melalui kecerdasan emosional guru. 

Kesimpulan penelitian; (1) deskripsi persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, dan iklim sekolah rata-rata pada skor tinggi, (2) terdapat kontribusi persepsi guru tentang efektifitas kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, dan iklim sekolah dasar negeri di Kota Banjarmasin

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI