DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:Muhammad Ruslan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-13


ABSTRAK

 

Ruslan, Muhammad. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komunikasi Interpersonal melalui Motivasi Kerjaterhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara. Tesis Program Magister  Manajemen Pendidikan Universitas  Lambung Mangkurat.Pembimbing: (1)Drs. Sulaiman, M. Pd., Ph.D(2) Dr. Suhaimi, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci  : Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk(1) Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional, komunikasi interpersonal, motivasi kerja dan kinerja guru, (2) Menganalisiskontribusi kepemimpinan transformasional, komunikasi interpersonal, motivasi kerja terhadap kinerja guru, SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara.

            Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis jalur untuk teknik analisis hipotesisnya. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara sebanyak 299. Pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling sehingga jumlah sampling yang didapatkan berdasarkan jumlah populasi sebanyak 171.  Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Untuk mengetahui kontribusi masing-masing variabel menggunakan analisis jalur pada taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi langsung: (1) kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja; dengan hasil uji korelasi sebesar 0,445, (2) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar 0,391, (3), komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja sebesar 0,513 (4) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru sebesar 0,206 (5) motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,349, dan kontribusi tak langsung (6) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dengan total effect sebesar 0,546 dan hasil uji sobel Z(3,179) >1,96(nilai z mutlak); (7) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru dengan total effect sebesar 0,361 dengan hasil uji sobel Z(2,176) >1,96 (nilai z mutlak).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi (1) kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja, (2) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru (3), komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja, (4) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (5) motivasi kerja terhadap kinerja guru, (6) kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja (7) komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI