DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Kesantunan Berbahasa dalam Animasi Anak "Nussa" di YouTube | |
PENGARANG | : | NAHDIANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-10-13 |
Kesantunan berbahasa merupakan tata cara dalam berkomunikasi, tuturan dianggap santun
apabila merujuk kepada makna sebenarnya dan tidak memaksa. Penelitian ini mendeskripsikan (a)
strategi kesantunan positif; (b) strategi kesantunan negatif dalam animasi anak “Nussa” di youtube.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan
ialah tuturan tokoh dalam animasi anak "Nussa" tercakup dalam 4 volume, setiap volumenya
memiliki 4 episode. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat yang
ditranskripsikan melalui video unduhan di YuoTube. Analisis data dilakukan dengan cara seleksi,
identifikasi, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para tokoh dalam animasi
anak Nussa melakukan tuturan dengan, 1) strategi kesantunan positif tindak direktif berbentuk
pertanyaan, nasihat, dan pemintaan. Tindak asertif berbentuk menegaskan dan menunjukkan. Tindak
ekspresif berbentuk pernyataan rasa senang dan ucapan terima kasih. 2) strategi kesantunan negatif
tindak direktif berbentuk pertanyaan, asertif berbentuk menilai, dan ekspesif berbentuk penyesalan
dan permohonan maaf.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, animasi anak
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI