DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM TERHADAP PENCAPAIAN ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS MAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-13


ABSTRAK

Aulia Safitri, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Film Terhadap Pencapaian Aspek Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS MAN 3 Banjarmasin. Pembimbing I Dr. Syahruddin, S.Pd. M.A dan Pembimbing II Heri Susanto, M.Pd

 

Media film merupakan salah satu media yang mudah untuk digunakan karena sederhana dan tidak terlalu sulit untuk mendapatkanya. Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, alat komunikasi dalam interaksi pengajar dapat perangsang pikiran, perasaan, dan kemampuan peserta didik sehingga dapat mendorong tercapainya proses belajar pada diri peserta didik. Penelitian bertujuan  (1) Untuk mengetahui perbedaan kelas yang diajarkan dengan menggunakan media film dengan kelas tanpa menggunakan media film, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media film terhadap pencapaian aspek kognitif peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas IIS MAN 3 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Eksperiment semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IIS MAN 3 Banjarmasin yaitu 2 kelas, adapun sapel penelitiannya sebanyak 2 kelas yaitu XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan IIS 2 sebagai kelas eksperimen, kelas dipilih secara acak dari populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan uji t melalui program SPSS versi 21 yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-test.

            Berdesarkan hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 17.030 > 15.090. sehingga terdapat perbedaan kelas kontrol dan eksperimen. Dan diperoleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai signifikasinya < 0,05 dan nilai thitung >ttabel ( 5.371>1.997). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media film terhadap pencapaian aspek kognitif peserta didik pada pembelajaran sejarah di kelas XI IIS MAN 3 Banjarmasin.

Kata Kunci: Media film, Pembelajaran Sejarah, MAN 3 Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI