DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala TK, Kepuasan Kerja, Semangat Kerja Kerja terhadap Kinerja Guru TK di Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan
PENGARANG:ARNI SUCI HAPSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-13


Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Semangat Kerja, Kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala TK terhadap kinerja guru TK di Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan, (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru TK di Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan, (3) pengaruh semangat kerja guru terhadap kinerja guru TK di Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan, (4) pengaruh keemimpinan transformasional kepala TK, kepuasan kerja, dan semangat kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru TK di Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 51 orang. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regressi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional kepala TK dan Kinerja guru TK masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan kepuasan kerja guru dan semangat kerja guru TK pada Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan masuk katageri sedang., (2) Kepemimpinan Transformasional Kepala TK memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru TK pada Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (3) Kepuasan Kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru TK pada Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan (4) Semangat kerja memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru TK pada Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan. (5) Kepemimpinan Transformasional Kepala TK, kepuasan kerja dan semangat kerja secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru TK pada Gugus Pelangi Kecamatan Banjarmasin Selatan. Kesimpulan: terdapat pengaruh secara parsial dan simultan dari kepemimpinan transformasional kepala TK, Kepuasan kerja dan semangat kerja terhadap kinerja. Hendaknya kepala sekolah berupaya untuk membangun komunikasi yang positif saat berkomunikasi dengan bawahan sebagai bagian dari kepemimpnan transformasional kepala TK untuk menganalisis perubahan yang perlu dilakukan di internal TK. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka forum sharing atau tukar pendapat dengan para guru yang menjadi bawahannya mengenai permasalahan maupun kemajuan sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI