DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS GAYA MENGAJAR MENURUT MUSKA MOSSTON TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD ARI MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


Muhammad Ari Maulana. 2020. Analisis Gaya Mengajar Muska Mosston Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Martapura. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga Kesehatan, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. H. Muhammad Mulhim, M.Pd. (II) Drs. Sofyan, M.Pd.

Kata Kunci: Gaya Mengajar, Muska Mosston, Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persentase penggunaan gaya mengajar Muska Mosston dan dampak terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian dilakukan dengan melibatkan subjek penelitian guru pendidikan jasmani dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Martapura. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi dari rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang data tersebut diolah menggunakan program spreadsheet (Microsoft Excel).

Berdasarkan hasil penelitian di kelas X IPS 1, X MIPA 1, dan X Bahasa di SMA Negeri 1 Martapura maka peneliti menyimpulkan bahwa persentase gaya mengajar menurut Muska Mosston yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani tertinggi pada gaya mengajar komando dan gaya mengajar latihan. Dan hasil belajar pada peserta didik kelas X IPS 1 dan X MIPA 1 yang guru pendidikan jasmani nya menggunakan gaya mengajar komando adalah lebih dari setengah dari jumlah peserta didik dalam kelas dianggap tuntas dan hasil belajar X Bahasa yang guru pendidikan jasmani nya menggunakan gaya mengajar latihan adalah lebih dari tiga perempat dari jumlah peserta didik dalam kelas dianggap tuntas. Secara keseluruhan, hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa gaya mengajar yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani kelas X masih kurang variatif dan diharapkan kedepannya guru dapat menggunakan gaya mengajar yang bervariasi dan meningkatkan keaktifan peserta didik saat pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI