DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP TEMAN SEBAYA DENGAN METODE PERMAINAN BACUKCUK BIMBI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI TK MUTIARA HATI
PENGARANG:RATNA BUDIASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


ABSTRAK

 

Ratna Budiasih, 2020Meningkatkan Interaksi SosialTeman Sebaya Dengan Metode Permainan Bacukcuk Bimbi pada Anak Tunagrahita”.Skripsi. Banjarmasin: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM . Pembimbing (I) Dr. Chairil Faif Pasani.(II) Hayatun Thaibah.

 

Kata Kunci : Interaksi sosial Teman sebaya, Metode Permainan Bacucuk Bimbi, Anak Tunagrahita.

 

 

Penelitian ini mengemukakan tentang kemampuan interaksi sosial terhadap teman sebaya pada anak Tunagrahita di TK Mutiara Hati kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Pada penelitian ini diketahui anak belum mampu berinteraksi sosial terhadap teman sebayannya terlihat dari keseharian anak di sekolah yang suka menyendiri dan susah bergaul, hal ini akan berdampak pada kemampuan interaksi sosialnya.Adapun permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalahapakah permainan bacukcuk bimbi dapat meningkatkan interaksi sosial terhadap teman sebaya pada anak tunagrahita  di TK Mutiara Hati.

Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research. Desain yang digunakan adalah A-B-A. Dimana desain ini dapat menunjukkan sebab akibat antara variabel terikat dan variabel bebas. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasaat diberikan intervensi berupa metode permainan bacukcuk bimbi dalam pembelajaran, kemampuan interaksi sosial terhadap teman sebayanya mulai terlihat. Hal ini dilihat dari nilai/skor yang diperoleh anak dari hasil baseline 1(A1) dan baseline 2(A2)  yang nlai rata-ratanya meningkat yaitu 43 menjadi 75. Ini membuktikan bahwa metode permainan bacukcuk bimbi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial terhadap teman sebaya pada anak Tunagrahita di TK Mutiara Hatikecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI