DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Menulis Berita Peserta Didik Kelas VIII-F SMP Negeri 15 Banjarmasin
PENGARANG:MONALISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilaksanakan antara pendidik dengan peserta didik yang melibatkan informasi dan lingkungan. Pelaksanaan pembelajaran perlu diperhatikan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran menulis berita (RPP), (2) pelaksanaan pembelajaran menulis berita, dan (3) evaluasi pembelajaran dan hasil belajar menulis berita peserta didik Kelas VIII-F SMP Negeri 15 Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data melalui tiga tahap, yaitu (1) reduksi data (data reduction), (2) penyajian data (data display), dan (3) penarikan simpulan atau verifikasi (conclusing drawing or verification). Sumber data penelitian ialah satu pendidik dan 29 peserta didik Kelas VIII-F SMP Negeri 15 Banjarmasin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP memuat semua komponen RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi tiga kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup yang dibelajarkan dengan alokasi waktu dua jam pelajaran atau dua kali empat puluh menit, dan (3) evaluasi pembelajaran dan hasil belajar menulis berita dilakukan dengan dua aspek penilaian, yaitu sikap dan keterampilan. Nilai keterampilan yang diperoleh di atas rerata KKM 75 ada 25 peserta didik dan 4 peserta didik mendapat nilai sesuai dengan standar ketuntasan bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI