DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas VII-E SMP Negeri 15 Banjarmasin | |
PENGARANG | : | USWATUN HASANAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-10-14 |
Keterampilan menulis merupakan sebuah keterampilan berbahasa yang harus dikuasi setiap peserta didik dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Melalui menulis, peserta didik dapat mengungkapkan ide atau gagasan dalam bentuk karangan atau tulisan. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan menulis narasi (cerita fantasi) peserta didik SMP Negeri 15 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Data utama penelitian ini ialah lembar kerja hasil tulisan peserta didik dalam menulis narasi (cerita fantasi) dengan analisis data melalui berbagai aspek yaitu judul, orientasi, komplikasi, resolusi, orisinalitas ide, kreativitas pengembangan cerita dalam keterampilan menulis narasi (cerita fantasi). Sumber data penelitian ialah peserta didik kelas VII-E SMP Negeri 15 Banjarmasin yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan penelitian keterampilan menulis narasi (cerita fantasi) peserta didik kelas VII-E SMP Negeri 15 Banjarmasin, dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang dikategorikan kurang terampil ada 8 (delapan) orang (27,59 %); peserta didik yang dikategorikan cukup terampil ada 13 (tiga belas) orang (44,82 %) dan peserta didik yang dikategorikan terampil ada 8 (delapan) orang (27,59 %) berdasarkan beberapa aspek yaitu judul, orientasi, komplikasi, resolusi, orisinalitas ide dan kreativitas pengembangan cerita.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI