DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Komparatif Pelaksanaan Kombinasi Model Mind Mapping dan Numbered Heads Together Yang Dilengkapi Dengan Model Talking Stick dan Course Review Horay Pada Muatan PPKn di Sekolah Dasar
PENGARANG:SUPRIADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


Supriadi 2020. Analisis Komparatif Pelaksanaan Kombinasi Model Mind Mapping dan Numbered Heads TogetherYang Dilengkapi Dengan Model Talking Stick dan Course Review Horay Pada Muatan PPKn di Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci : Analsisis Komparatif, Mind Mapping, Numbered Heads Together, Talking Stick, Course Review Horay.  

Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh Dewi Ayu Efendi dan Mariana Devi. Yang mana hasil penelitian dari kedua skripsi ini berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan kombinasi model Mind Mapping dan Numbered Heads Together yang dilengkapi dengan model Talking Stick dan Course Review Horay.

Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Mind Mapping dan Numbered Heads Together yang dilengkapi dengan model Talking Stick dan Course Review Horay pada dua buah hasil PTK yaitu oleh Dewi Ayu Efendi (2019) dan Mariana Devi (2019).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan multi situs, sehingga dalam menganalisis data dilakukan dengan dua tahap yaitu analisis data individual dan analisis data lintas individual. Analisis komparatif data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 

Melalui penelitian ini diperoleh hasil skor dari aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Pada skripsi  Dewi Ayu Efendi aktivitas guru mendapatkan skor akhir maksimal yaitu 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 97% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa mendapatkan pernsentase klasikal 99%, 97%, 97% dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi Mariana Devi aktivitas guru mendapatkan skor 43 atau belum maksimal dari skor yang telah ditetapkan peneliti yaitu 44 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan persentase klasikal 95% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa mendapatkan persentase klasikal 85%, 85%, 84% dengan kriteria sangat baik.

Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas siswa skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik skripsi 1 lebih baik dibanding skripsi 2. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI