DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:AMALIA AYUNANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) di SMA Negeri 2 Banjarmasin, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan pendekatan konvensional di SMA Negeri 2 Banjarmasin dan (3) mengetahui efektivitas pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian dilakukan menggunakan metode quasi experiment dengan tipe nonequivalent posttest-only control group design. Siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjarmasin sebagai populasi penelitian dan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data didapat melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil yang diperoleh: (1) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin dalam pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) berada pada kategori sangat baik, (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konvensional berada pada kategori baik dan (3) pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) efektif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 2 Banjarmasin.

 

Kata kunci : pendekatan RME, kemampuan berpikir tingkat tinggi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI