DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENINGKATAN KINERJA DAN DISIPLIN APARATUR DESA (Studi Kasus Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar)
PENGARANG:RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


ABSTRAK

Ramadhani, D1B115227, Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Disiplin Kerja Aparatur Desa (Studi Kasus Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar). Di bawah bimbingan Gazali Rahman selaku pembimbing I dan Apriansyah selaku pembimbing II.

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala desa dalam meningkatkan kinerja dan disiplin aparatur desa di Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. 

Penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan dari Rivai.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tife penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Kepemimpinan Kepala Desa terhadap kinerja dan disiplin Aparatur Desa di kantor Desa Kertak Hanyar II sudah cukup baik meskipun masih ada pegawai yang kurang disiplin. Adapun peran Kepala Desa dalam memberikan memberikan arahan, motivasi,  dorongan dan bimbingan bagi pegawai kususnya dalam hal kinerja dan disiplin aparatur desa, ini merupakan salah satu upaya keberhasilan kepala Desa dalam peningkatan kinerja dan disipilin aparatur desa.

Saran dari penelitian ini adalah Seorang pemimpin harus lebih tegas dalam mengatasi pegawai yang datang tidak tepat waktu sehingga kedisiplinan dapat diterapkan kepada pegawai. Karena kedisiplinan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Kemudian untuk masyarakat diharapkan mampu untuk saling bekerja sama dengan Kepala Desa dalam proses pembangunan yang ada di wilayah serta berpastisipasi dalam proses pembangunan yang sedang berjalan.

 

Kata Kunci: Peranan Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, Disiplin Kerja, Kepala Desa, Aparatur Desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI