DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015 – 2019
PENGARANG:NUR MELINDA HASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-14


Nur Melinda Hastuti, 1610412220017, 2020. Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Di bawah bimbingan Hj. Siti Rusidah.

Objek penelitian ini adalah perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sektor perbankan dipilih karena sangat berperan dalam memajukan perekonomian suatu negara. Karena hampir seluruh sektor perekonomian berkaitan dengan kegiatan financial yang akan membutuhkan peranan perbankan. Untuk mengukur keberhasilan suatu perbankan dapat dilihat dari pertumbuhan laba suatu bank.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Assets (ROA) (X1), Return On Equity (ROE) (X2), dan Net Profit Margin (NPM) (X3) terhadap Pertumbuhan Laba (Y) pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang telah dipublikasikan. Sampel yang digunakan sebanyak 22 perusahaan dikali 5 tahun periode penelitian dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Return On Assets (ROA) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba sebesar -14,2%, Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba sebesar 9,1%, dan Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba sebesar 51%. Secara simultan Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Laba dengan kontribusi sebesar 19,4% yang menunjukkan sangat rendah.

Dari hasil tersebut di atas maka disimpulkan bahwa hipotesis pertama  Return On Assets (ROA) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba” ditolak, hipotesis kedua “Return On Equity (ROE) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba” ditolak, hipotesis ketiga “Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba” diterima, dan hipotesis keempat “ROA, ROE, dan NPM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba” diterima.

Kata kunci:   Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM),Pertumbuhan Laba.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI