DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI DAN XII SMA NEGERI 10 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2017/2018
PENGARANG:Abdul Sani
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-06


Minat baca merupakan suatu keinginan yang besar pada diri manusia yang menimbulkan perhatian disertai perasaan senang pada kegiatan membaca. Modal dasar untuk keberhasilan siswa dalam berbagai mata pelajaran karena memiliki minat baca yang tinggi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 10 Banjarmasin.
Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII jurusan IPS SMA Negeri 10 Banjarmasin yang berjumlah 202. Penentuan besarnya sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan penghitungan interpolasi pada tabel Krejric dan Morgan,setelah dilakukan perhitungan interpolasi pada tabel Krejric dan Morgan maka diketahui sampel sebesar 132 siswa. Data primer diperoleh dengan penyebaran angket dan data sekunder diperoleh dari studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pangaruh positif antara variabel minat baca terhadap variabel hasil belajar, berdasarkan nilai R (r hitung) yaitu sebesar 0,253 lebih besar dari pada r tabel 0,171 sedangkan dilihat dari nilai t pada yaitu sebesar 2,987 lebih besar dari pada t tabel sebesar 1,978 dari hasil nilai R dan nilai t sehingga hipotesis alternatif (Ha) berbunyi “ minat baca berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswak kelas XI dan XII SMA Negeri 10 Banjarmasin” diterima. Koefisien determinan r square sebesar 0,064 yang berarti pengaruh minat baca terhadap hasil belajar sebesar 6,4 sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian.


Kata Kunci: Minat Baca, Hasil Belajar, Siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI