DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS SEDANG DI SLBC NEGERI PEMBINA LIANG ANGGANG BANJARBARU
PENGARANG:RADIATUL ADAWIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-15


ABSTRAK

 

Radiatul Adawiah. 2020. Penggunaan Strategi Pembelajaran Poster Session Dalam Meningkatkan Komunikasi Anak Autis Sedang  di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (1) Agus Pratomo Andi dan   ( II) Sihadi.

 

Kata kunci : Strategi Pembelajaran Poster Session, Komunikasi, Anak Autis Sedang

 

Permasalahan yang terjadi pada Anak autis di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru mengalami kesulitan dalam berkomunikasi karena mereka mengalami hambatan dalam perkembangan bahasanya.  Saat diajak berkomunikasi mereka kurang fokus dengan lawan bicara. Saat mereka berbicara tidak menyambung dengan apa yang dibicarakan. Mereka juga tidak mempu mengembangkan diri dalam berintaraksi dengan teman-temannya. Mereka tidak mampu memahami yang dibicarakan saat dengan lawan bicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Strategi Pembelajaran Poster Session dalam meningkatkan komunikasi anak autis sedang di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru.

Metode penelitian ini mengguanakn pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun prosedur penelitian ini menggunakan tahapan pretest, Treatment, dan Posttest. Sementara subjek penelitian ini berasal dari SD SLBC yang berjumlah 3 orang anak terdiri dari 2 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik Analisis data deskriptif kuantitatif

 

Hasil penleitian menunjukkann penggunaan Strategi Pembelajaran Poster Session dalam meningkatkan komunikasi anak autis sedang di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru.Berdasarkan hasil penleitian maka diketahui bahwa  penggunaan Strategi Pembelajaran Poster Session dalam meningkatkan komunikasi anak autis sedang di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru.hasil pre test yaitu dengan skor 33.32 dan posttest yaitu dengan skor 84.62 diketahui ada perbedaan nilai hasil yang telah dicapai bahwa ada kenaikan dari pre test ke post test sebesar skor 51.3.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI