DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL MENIRUKAN GERAKAN BERIBADAH DENGAN BENAR MELALUI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN MODEL PICTURE AND PICTURE YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL HIDAYAH BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NOR KAMILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-15


ABSTRAK

Nor Kamila. 2019. Upaya Mengembangkan Asfek Nilai-Nilai Agama dan Moral (Menirukan Gerakan Beribadah dengan Urutan yang Benar) Melalui Model explicit Isntruction dan Model Picture And Picture yang dikombinasikan dengan Metode Demonstrasi pada Anak Kelompok A TK Al-Hidayah Banjarmasin Utara.

Skripsi Program S1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing : Drs. Mahlan Asmar, M.Pd.

 

Kata Kunci : Nilai-Nilai Agama dan Moral (NAM), Explicit Instruction, Picture and Picture, Metode Demonstrasi.

 

Kemampuan Nilai-nilai Agama dan Moral menirukan gerakan beribadah dengan pada anak Kelompok A di TK Al-Hidayah Banjarmasin Utara masih rendah. Hal ini disebabkan kurang terlibatnya anak secara aktif dalam proses pembelajaran baik secara fisik maupun psikis.Hal ini mengakibatkan kurangnya kemampuan dalam menirukan gerakan beribadah dengan urutan yang benar.Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction dan Model Picture and Picture yang dikombinasikan dengan Metode Demonstrasi melalui penelitian, dengan tujuan mengembangkan kemampuan Aspek Nilai-nilai Agama dan Moral Menirukan  gerakan beribadah dengan urutan yang benar pada anak kelompok Adi TKAl-Hidayah Banjarmasin Utara.

Penelitian ini dilaksanakan kelompok Adi TKAl-Hidayah Banjarmasin Utara  Semester II Tahun Ajaran 2018/2019yang berjumlah 15 orang anak, yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 pertemuan, setiap pertemuan dilakukan melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan instrumen penilaian lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral (NAM).

Hasil penelitian dalam pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak dalam menirukan gerakan beribadah dengan benar melalui model Explicit Intruction dan moel Picture and Picture yang dikombinasikan dengan metode demonstrasi menunjukkan peningkatan disetiap pertemuan. Aktivitas guru mencapai skor 41 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan III, di aktivitas anak mencapai persentase 84% kriteria sangat aktif, dan hasil pengembangan aspek nilai-nilai agama dan moral anak mencapai persentase 86,7% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Explicit Intruction dan model Picture and Picture yang dikombinasikan dengan metode demonstrasi dapat mengembangkan kemampuan nilai-nilai agama dan moral menirukan gerakan beribadah dengan benar pada anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Al-Hidayah. Maka disarankan kepada guru, hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan bahan kajian atau alternatif cara yang efektif dalam kegiatan belajar dalam mengembangkan kemampuan nilai-nilai agama dan moral anak agar dapat berkembang secara optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI