DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMANFAATAN MEDIA MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN AMAWANG KIRI MUKA | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-10-15 |
Muhammad Rizki Hidayat. 2019. Media Montessori DalamMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika SiswaKelas II SDN Amawang Kiri Muka. Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. H. Ahmad Sofyan, MA, Pembimbing II: Dr. Agus Hadi Utama, M.Pd.
Kata Kunci: Media Montessori, MotivasiBelajar.
Penulisan ini membahas tentang Media Montessori DalamMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika SiswaKelas II SDN Amawang Kiri Muka. Penelitianinidilatar belakangikarenapesertadidikyang merasa kesulitandalammemahamimateri Pelajaran Matematika.Fokuspenelitianinimengenaihal-halyang berkaitandengan bagaimana Media Montessori DalamMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika SiswaKelas II SDN Amawang Kiri Muka. Permasalahantersebutdibahasmelaluistudilapanganyang dilaksanakandi SDN Amawang Kiri Muka. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untukmendapatkangambarantentang Pemanfaatan Media Montessori UntukMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika.Datanyadiperolehdengan cara observasi, wawancara langsung,studidokumentasi,danpemberianangket kepada peserta didik. Semua data dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif menggunakan logikadeduktif dan induktif.
Kajianini menunjukkanbahwaMedia Montessori yang digunakanolehguru pada mata pelajaran Matematikakelas II efektifsebagaimediapembelajarandalamrangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika,haliniterbukti dengan aktifitasbelajarpesertadidikdidalamkelas lebihaktif,suasanakelasyang kondusif,dayaserappesertadidikakanmateriyang disampaikanolehgurulebih tinggi,peserta didiklebihgiatdalambelajarmata pelajaran Matematika,materi pelajaran tertuntaskan,sertaguru Matematikalebihkreatifdalammemilih danmendesainmedia yangakandigunakansebagaisarana menyampaikan materipelajaranMatematika. Temuantersebutdapatmemberikankontribusibagiparagurudalam memilih mediapembelajaranyangtepatdansesuaidengantujuanpembelajaran,materi pelajaran,keadaanpeserta didik,sarana danprasaranayangtersediaserta kemampuan guru, sehingga tercipta pembelajaran yang efektif guna tercapai tujuanyangdiharapkan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI