DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MEDIA MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN AMAWANG KIRI MUKA
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-15


 

ABSTRAK

 

Muhammad Rizki Hidayat. 2019. Media Montessori DalamMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika SiswaKelas II  SDN Amawang Kiri Muka. Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. H. Ahmad Sofyan, MA, Pembimbing II: Dr. Agus Hadi Utama, M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Montessori, MotivasiBelajar.

 

Penulisan  ini  membahas  tentang Media Montessori DalamMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika SiswaKelas II  SDN Amawang Kiri Muka. Penelitianinidilatar belakangikarenapesertadidikyang merasa kesulitandalammemahamimateri Pelajaran Matematika.Fokuspenelitianinimengenaihal-halyang berkaitandengan bagaimana  Media Montessori DalamMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika SiswaKelas II  SDN Amawang Kiri Muka. Permasalahantersebutdibahasmelaluistudilapanganyang dilaksanakandi SDN Amawang Kiri Muka.  Sekolah  tersebut  dijadikan  sebagai  sumber  data untukmendapatkangambarantentang Pemanfaatan Media Montessori UntukMeningkatkan MotivasiBelajar PadaMata Pelajaran Matematika.Datanyadiperolehdengan cara observasi, wawancara langsung,studidokumentasi,danpemberianangket kepada  peserta  didik.  Semua  data  dianalisis  menggunakan  teknik   analisis diskriptif menggunakan logikadeduktif dan induktif.

 

Kajianini menunjukkanbahwaMedia Montessori yang digunakanolehguru pada mata pelajaran Matematikakelas II efektifsebagaimediapembelajarandalamrangka meningkatkan motivasi  belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika,haliniterbukti dengan aktifitasbelajarpesertadidikdidalamkelas lebihaktif,suasanakelasyang kondusif,dayaserappesertadidikakanmateriyang disampaikanolehgurulebih tinggi,peserta didiklebihgiatdalambelajarmata pelajaran Matematika,materi pelajaran tertuntaskan,sertaguru Matematikalebihkreatifdalammemilih danmendesainmedia yangakandigunakansebagaisarana menyampaikan materipelajaranMatematika. Temuantersebutdapatmemberikankontribusibagiparagurudalam  memilih mediapembelajaranyangtepatdansesuaidengantujuanpembelajaran,materi pelajaran,keadaanpeserta didik,sarana danprasaranayangtersediaserta kemampuan  guru,  sehingga  tercipta  pembelajaran  yang  efektif  guna  tercapai tujuanyangdiharapkan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI