DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Permodelan Kolom Komposit dengan Menggunakan Software ANSYS
PENGARANG:FERRY SAPUTRA SUDJANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-15


PERMODELAN KOLOM KOMPOSIT DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS

Dibuat:

Ferry Saputra Sudjana

 

Pembimbing Utama:

Ir. Ida Barkiah, M.T.

 

Pembimbing Pendamping:

Ir. Darmansyah Tjitradi, M.T.

 

ABSTRAK

 

Struktur komposit terbentuk dari dua material atau lebih dengan sifat yang berbeda sehingga membentuk kesatuan dengan sifat yang lebih baik. Contohnya yaitu kolom komposit, yang dapat dibentuk dari pipa baja diisi beton atau dapat pula dari profil baja yang dibungkus dengan beton. Pada penelitian ini akan menganalisis kolom komposit dari profil baja WF yang dibungkus dengan beton. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis deformasi, tegangan, perilaku keruntuhan, dan beban ultimit yang mampu dipikul kolom terhadap variasi profil baja WF, diameter tulangan longitudinal dan mutu beton.

Model benda uji kolom komposit yang digunakan berbentuk persegi dengan ukuran 300x300x4000 mm sebanyak 9 buah dibantu software ANSYS APDL. Variasi pada profil baja WF yang digunakan adalah WF100.100.6.8; WF125.125.6,5.9; WF150.150.7.10. Variasi pada diameter tulangan longitudinal yaitu 12mm, 14mm, dan 16mm. Variasi pada mutu beton yaitu 23 MPa, 25 MPa, dan 27 MPa. Pembebanan model kolom komposit dilakukan menggunakan software ANSYS untuk mendapatkan beban ultimit yang mampu di pikul kolom.

Hasil yang didapatkan yaitu bahwa semakin besar profil baja WF akan memberikan peningkatan dalam menahan beban ultimit antara 9% hingga 12%, sedangkan semakin tinggi mutu beton dan besar tulangan longitudinal akan memberikan peningkatan antara 7% hingga 14%. Deformasi aksial yang terjadi semakin meningkat jika memperbesar mutu beton dan diameter tulangan longitudinal, sedangkan cenderung menurun jika memperbesar profil baja WF. Peningkatan dari mutu beton dan diameter tulangan longitudinal dapat mengurangi retak pada selimut beton, sedangkan memperbesar profil baja WF dapat mengurangi retak pada inti kolom.

 

Kata Kunci: kolom komposit, ANSYS, baja WF, mutu beton, diameter tulangan longitudinal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI