DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV/C DI SDLB NEGERI BARABAI
PENGARANG:DODDY INDRA SETIAWAN
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-10


Kata Kunci : Tunagrahita Ringan, Menulis Kalimat Sederhana, dan Media
Gambar Berseri.


Anak tunagrahita ringan adalah anak yang memiliki kemampuan
intelektual dibawah rata-rata dibandingkan anak pada umumnya. Kemampuan
menulis kalimat sederhana anak tunagrahita ringan di kelas IV/C SDLB Negeri
Barabai masih sangat rendah, hal ini dikarenakan cara penerapan pembelajaran
yang masih kurang maksimal sehingga menyebabkan kurangnya motivasi anak
dalam mengikuti pelajaran. Anak tunagrahita ringan memerlukan pelajaran yang
bersifat konkrit, melalui penggunaan media gambar berseri setidak-tidaknya bisa
menjembatani ide dan imajinasi anak, yang sebelumnya sulit dimunculkan,
kemudian menjadi lebih mudah dimunculkan dalam bentuk tulisan kalimat
sederhana.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan, sebagai upaya
untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media
gambar berseri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlokasi di SDLB Negeri Barabai dengan
subjek penelitian anak tunagrahita kelas IV/C dengan jumlah anak 3 orang, terdiri
dari : laki-laki 1 orang dan perempuan 2 orang. Penelitian ini menggunakan
sistem refleksi yang dimulai dari rencana, tindakan, pengamatan, refleksi, dan
perencanaan kembali. Data tentang kemampuan menulis kalimat sederhana,
dilakukan melalui tes tertulis dan evaluasi tertulis pada setiap akhir pembelajaran
dalam setiap pertemuan. Penelitian tindakan ini direncanakan terdiri dari beberapa
siklus. Siklus-siklus ini merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan,
artinya pelaksanaan siklus II merupakan lanjutan dan perbaikan berdasarkan
refleksi dari siklus I.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai anak mulai dari siklus I dan ke
siklus II mengalami peningkatan. Hasil tes pada siklus I didapatkan hasil yang
mengalami peningkatan pada nilai rata-rata 50 meskipun belum terdapat anak
yang mencapai KKM. Sedangkan hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa dari
3 anak sudah tidak ada lagi anak yang belum mencapai KKM dengan nilai ratarata anak pada siklus II adalah 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis
kalimat sederhana pada anak tunagrahita ringan kelas IV/C di SDLB Negeri
Barabai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI