DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYAMENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MODEL MAKE A MATCHPADA ANAK KELOMPOK A PAUD IT ROBBANIBANJARBARU
PENGARANG:ADE NURMAELANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-16


ABSTRAK

Nurmaelani, Ade. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Model Make A Match pada Anak Kelompok A PAUD IT Robbani Banjarbaru”. Skripsi  S1 Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

 

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Lambang Bilangan, Pemberian Tugas, Make A Match

Penelitian ini berlatar belakang pada kurang berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Penyebabnya adalah selama pembelajaran berlangsung masih ada anak yang belum bisa fokus terhadap penjelasan dari guru, anak terlihat kurang berminat, kurang antusias dan kurang tertarik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunakan metode Pemberian Tugas dan model Make A Match pada anak kelompok A PAUD IT Robbani Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengukurannya menggunakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian anak kelompok A semester 2019/2020 yang berjumlah 14 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas anak dalam kegiatan pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru serta perkembangan kognitif anak meningkat dalam mengenal lambang bilangan menggunakan metode Pemberian Tugas dan model Make A Match dapat mengembangkan kemampuan kognitif. Aktivitas guru pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 19 kategori “cukup baik” meningkat menjadi 21 dengan kategori “baik” pada Pertemuan 2. Sedangkan pada Siklus II mencapai 30 dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 50% kategori “cukup aktif”, pada Pertemuan 2 aktivitas anak meningkat menjadi 85,71% kategori “aktif”, sedangkan pada Siklus II aktivitas anak mencapai 100% kategori “sangat aktif”. Untuk hasil pengembangan aspek kognitif anak pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 21,43%, pada Pertemuan 2 meningkat menjadi 78,57% dan meningkat kembali pada Siklus II mencapai 99,99%.

Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas dan model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan mengembangkan aspek kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada PAUD IT Robbani Banjarbaru. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

  

ABSTRACT

Nurmaelani, Ade. 2019. “Develop Cognitif Ability in Recognizing Number Symbols Using of  Assigning Assignments Methods and Make A Match Model to A Group Children of PAUD IT Robbani Banjarbaru”. S1 Thesis Early Childhood Education Program Teacher Training and Education Faculty Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Adviser Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

 

Keywords: Cognitive Ability, Number Symbol, Assigning Assignments, Make A Match

 

This research is based on the lack of development of children’s cognitive abilities in recognizing the symbol of numbers. The reason is that during the learning process there are still children who have not been able to focus on the explanation from purpose of this study is to find out teacher activities, children’s activities and the results of cognitive aspects development in recognizing number symbols using a combination of Assigning Assignments Methods and Make A Match Model in children in group A PAUD IT Robbani Banjarbaru.

This approach uses a qualitative approach, the measurement uses the results of Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles. Group A children’s research setting for the odd semester of 2019/2020 school year, totaling 14 people. The instrument used is observation to observe teacher activities and children’s avtivities in development activities.

The result of this study indicate that teacher activities and cognitive development of children increases in recognizing number symbols using of Assigning Assignments Method and Make A Match Model can develop cognitive abilities. Teacher activities in Cycle I Meeting 1 reached 19 category “good enough” increased to 21 in the “good” category  at Meeting 2. While in Cycle II it reached 30 with the category “very good”. Children’s activities in Cycle I Meeting 1 reached 50% in the category of “quite active”, at the 2nd Meeting children activities increased to 85,71% in “active” category, while in Cycle II children activities reached 100% in the category of “very active”. For the results of developing cognitive aspects of children in Cycle I Meeting 1 reached 21,43% at Meeting 2 it increased to 78,57% and increased again in Cycle II reached 99,99%.

The researches concluded that by using of Assigning Assignments Method and Make A Match Model can increase teacher activities, children’s activities and develop cognitive aspects of children in recognizing number symbols in PAUD IT Robbani Banjarbaru. Thus the hypothesis is acceptable.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI