DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KEPARIWISATAAN KAWASAN KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:REZA HIDAYATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-16


ABSTRAK

Reza Hidayatullah. 2019. Strategi Kepariwisataan Kawasan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan sebagai Sumber belajar IPS.Skripsi Program Studi Pendidikan IPS.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II: M. Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Pariwisata suatu tujuan wisata yang mempunyai daya tarik dan kenyataan nya juga wisata bisa memadukan sektor formal seperti kawasan pemerintahan hal ini juga terjadi di perkantoran provinsi kalimantan selatan yang mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai obyek wisata dan mempunyai strategi jangka panjang dalam mengembangkan wisata kawasan dan wisata kawasan perkantoran ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian ini : 1) Menjelaskan perkembangan kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan. 2) Menjelaskan potensi dan strategi perkembangan kepariwisataan kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan 3) Menjelaskan wisata kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan suasana yang terdapat di kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan kondisi dan kegiatan di kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan, wawancara dengan pemerintah Provinsi terutama Dinas PUPR sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pembangunan, perkembangan dan pengelolaan, pengunjung, akademisi seperti guru dan dosen serta dokumentasi dalam bentuk gambar dan rekaman. Analisis data menggunakan reduksi data dan display data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian data dalam bentuk kata-kata dan dilengkapi dengan gambar dan tabel, dan verifikasi data dalam bentuk penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan membercheck, dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) perkembangan kawasan kantor Gubernur yang sebelumnya hutan dan dibangun dari awal oleh pemerintah Provinsi menjadi kawasan perkantoran Gubernur Kalimantan Selatan 2) Potensi kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan menjadi wisata karena kawasan yang mengangkat alam terbuka hijau dan bangunan khas Banjar tersebut dapat dijadikan tempat wisata dan juga pemerintah sangat mendukung dengan kawasan perkantoran dijadikan tempat wisata dengan dukunganya pemerintah membuat wisata seperti Kebun Raya Banua dan Tropical Rain Forest, strategi perkembanganyaa pihak pemerintah menambahkan bangunan yang terdapat didalam tempat wisata seperti pembuatan embung di dalam wisata Kebun Raya Banua dan diatas embung tersebut akan dibangun rumah tipe Banjar terakhir rumah Ranting 3) Wisata kawasan kantor Gubernur Kalimantan Selatan bisa dimanfaatkan menjadi sumber belajar karena kawasan yang mengangkat dan melestarikan berbagai tumbuhan langka seperti pohon kayu besi dll yang dapat membuat peserta didik sadar dengan lingkungannya dan kawasan yang mengggunakan berbagai bangunan rumah banjar yang dapat membuat peserta didik tahu mengenai bangunan rumah banjar dan pada sub tema Manusia Tempat dan Lingkungan di kelas 7 SMP.

Kata Kunci : kawasan, Strategi Perkembangan, dan Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI