DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF YANG DIKENAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA KOTAK ALPHABET PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-HIDAYAH BANJARMASIN
PENGARANG:HERLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-17


ABSTRAK

 

Herlina. 2020. Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf yang dikenal menggunakan Kombinasi Model Make a Match, Metode Pemberian Tugas dengan Media Kotak Alphabet pada Anak Kelompok A TK Al-Hidayah Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2018/2019. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, ST, M. Pd

 

Kata kunci :  Bahasa, Simbol Huruf, Make a Match, Pemberian Tugas, Kotak Alphabet

 

Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Banjarmasin diperoleh gambaran bahwa kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenalmasih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena kalau ada kegiatan menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal biasanya anak-anak jadi ribut, kelas jadi tidak tenang dan tertib karena anak-anak sangat ribut. pembelajaran berlangsung masih ada anak yang tidak memperhatikan penjelasan dari guru, anak terlihat tidak berminat, kurang antusias dan tidak tertarik seperti ingin segera bermain di luar, selain itu masih banyak anak yang kurang semangat dan cepat merasa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model make a match, metode pemberian tugas dengan media kotak alphabet melalui penelitian, dengan tujuan dapat kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenalpada anak kelompok A TK Al-Hidayah Banjarmasin.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengumpulan data yaitu melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak kelompok A TK Al-Hidayah Banjarmasin yang berjumlah 15 anak. Dengan indikator keberhasilan untuk aktivitas guru 84%-100% (Sangat Baik), aktivitas anak rata-rata kelas 81% hampir seluruh anak aktif, serta perkembangan kemampuan bahasa secara individual dan klasikalmencapai ≥81% mendapat «««.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 92% (hampir seluruh anak aktif). Untuk hasil kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenalberhasil berkembang dengan persentase93% anak memperoleh 򮮮.

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan bahasa dalam menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal menggunakan kombinasi model make a match, metode pemberian tugas dengan media kotak alphabet pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Banjarmasindikatakan berhasil/berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan model make a match, metode pemberian tugas dengan media kotak alphabetsalah satu alternatif strategi pembelajaran pada kemampuan bahasa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI