DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS BELAJAR SERTA NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN TALKING STICK DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI PERILAKU BAIK DAN BURUK DI TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK B
PENGARANG:RIZKI TRI UTTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-18


ABSTRAK

Uttari, Rizki Tri. 2020. Aktivitas Belajar Serta Nilai Agama dan Moral Anak dalam  Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Talking Stick dengan Media Boneka Tangan dalam Pembelajaran Memahami Perilaku Baik dan Buruk di Taman Kanak-Kanak Kelompok B. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Hj. R. Ati Sukmawati, M.Kom

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Examples Non Examples, Talking Stick, Boneka Tangan

Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di Taman Kanak-kanak belum sesuai dengan harapan. Anak belum mampu membedakan perilaku baik dan buruk. Hal tersebut di atas disebabkan oleh sisi guru berupa penguasaan kelas yang kurang, penyampaian materi yang selama ini bersifat satu arah dan monoton dalam menanamkan moral anak dalam pembiasaan berperilaku baik ternyata kurang efektif dan hasilnya kurang optimal, sehingga anak tidak terbiasa berperilaku baik sesuai yang diharapkan. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menanamkan kebiasaan berperilaku baik serta tidak adanya penggunaan media sebagai contoh dalam kegiatan pengembangan dan guru cenderung tidak menggunakan model-model pembelajaran dengan baik, sehingga anak cenderung pasif serta kurangnya perhatian dari guru terhadap pembentukan pengetahuan dan tingkah laku anak.

Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model pembelajaran Examples Non Example dikombinasikan dengan Talking Stick dan media boneka tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar anak dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Example dikombinasikan dengan Talking Stick dan media boneka tangan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian adalah penelitian studi literature. Data diperoleh melalui teknik observasi dan teknik studi literature penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan temuan hasil penelitian terdahulu pada sub fokus 1, sub fokus 2, fokus 3 dan verifikasi semua temuan sub fokus menunjukkan adanya peningkatan aspek nilai agama dan moral, aktivitas guru, dan aktivitas anak pada kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  Examples Non Example dikombinasikan dengan Talking Stick dan media boneka tangan aktivitas belajar anak serta aspek Nilai Agama dan Moral pada pembelajaran memahami perilaku baik dan buruk dalam bersikap sopan dan santun di Taman Kanak-Kanak Kelompok B diprediksi dapat mengalami peningkatan.

ABSTRACK

Uttari, Rizki Tri. 2020. Learning Activities and Children's Religious and Moral Values in the Application of Learning Models Examples Non Examples and Talking Stick with Hand Puppet Media in Learning Understanding Good and Bad Behavior in Kindergarten Group B. Thesis Early Childhood Education Teacher Education Program. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University. Advisor Dr. Hj R. Ati Sukmawati, M.Kom.

 

Keywords: Learning Activities, Examples Non Examples, Talking Sticks, Hand Puppets

The problems that occur in learning in Kindergarten are not as expected. Children have not been able to distinguish good and bad behavior. This is caused by the teacher's side in the form of less class mastery, the delivery of material that has been one-way and monotonous in instilling children's morale in habituating good behavior is ineffective and the results are less than optimal, so that children are not used to behaving well as expected. Teachers only use the lecture method in instilling good behavior habits and the absence of media use as an example in development activities and teachers tend not to use learning models well, so that children tend to be passive and lack of attention from teachers to the formation of children's knowledge and behavior.

One of the efforts to overcome this problem is to use the Examples Non Example learning model combined with a Talking Stick and hand puppet media. The purpose of this study was to determine children's learning activities using the Examples Non Example learning model combined with a Talking Stick and hand puppet media.

This study uses a descriptive method using a qualitative approach. The form of research is literature study research. Data obtained through observation techniques and previous research literature study techniques. The data analysis in this study used a descriptive analysis technique. The results showed the findings of previous research on sub focus 1, sub focus 2, focus 3 and verification of all sub focus findings showed an increase in aspects of religious and moral values, teacher activities, and children's activities in learning activities.

Based on these findings it can be concluded that the Examples Non Example learning model combined with the Talking Stick and hand puppet media of children's learning activities as well as aspects of Religious and Moral Values in learning to understand good and bad behavior in being polite and polite in Kindergarten Group B are predicted to experience enhancement.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI