DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DIBANTU MEDIA BENDA NYATA PADA SISWA KELAS VA SDN 2 LANDASAN ULIN TIMUR
PENGARANG:ANNISA HERDIYANTI KUSUMAWARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


ABSTRAK

Herdiyanti, Annisa Kusumawardani. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Tunggal dan Campuran Melalui Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), Dibantu Media Benda Nyata Pada Siswa Kelas VA SDN 2 Landasan Ulin Timur. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Hardiansyah, M. Si.

Kata Kunci:Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), Media Benda Nyata.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 2 Landasan Ulin Timur dalam pembelajaran tema Benda-Benda di Sekitar Kita muatan IPA materi Zat Tunggal dan Campuran dimana rendahnya minat belajar siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta pembelajaran yang kurang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Numbered Heads Together (NHT) dibantu Media Benda Nyata dipilih peneliti sebagai solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Adapun setting penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Landasan Ulin Timur tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 25 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar melalui sebuah tes pada tiap pertemuannya.

Hasil penelitian pada pertemuan terakhir menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor dengan kriteria sangat baik, kemudian meningkatnya aktivitas siswa secara klasikal mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif dan aktif, serta ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 100% tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together (NHT), dibantu Media Benda Nyata pada siswa kelas VA SDN 2 Landasan Ulin Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan maupun peneliti lain untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran tersebut sebagai rujukan dan alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa, serta meningkatkan kualitas proses pembejaran di sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI