DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Prasangka Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin
PENGARANG:KHANSA NISRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


ABSTRAK

Khansa Nisrina. 2019. Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Prasangka Sosial Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd.(II) Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : Sosiodrama ,BimbinganKelompok, Prasangka Sosial

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prasangka sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikannya teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk mengurangi prasangka sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

            Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan bentuk Intac group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari an­gket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 10 orang. Instrument penelitan yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “ Teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prasangka sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 banjarmasin”

            Berdasarkan hasil t-test, menunjukkan bahwa thit > ttab (11,75 > 2,306 dengan probabilitas kesalahan 0.05 atau 5%) dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat prasangka sosial sebelum dan sesudah diberikan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi prasangka sosial yang ditandai dengan menurunnya skor nilai persentase pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI