DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Upaya Mengurangi Perilaku Agresi Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 25 Banjarmasin
PENGARANG:NUR ANNISA PEBRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


ABSTRAK

Nur Annisa Pebriana. 2019. Upaya Mengurangi Perilaku Agresi Menggunakan Layanan Bimbingan kelompok dengan Teknik Role Playing Pada Siswa kelas IX di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd (II) Muhammad Arsyad, M.Pd., Psikolog

Kata kunci: Perilaku Agresi, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing

Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi dilapangan yang menunjukan gejala-gejala perilaku agresi kelas IX SMP Negeri 25 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil pelaksanaan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresi siswa.

Peneliti ini merupakan penelitian tindakan (Action Research) dan dilaksanakan dalam empat siklus. Satu siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan evaluasi) dan refleksi. Subjek peneliti adalah siswa kelas IX yang berjumlah 6 orang siswa. Objek peneliti ini adalah penurunan perilaku agresi menggunakan teknik role playing dalam bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2019.

Hasil penelitian ini menunjukan, aktivitas peneliti meningkat setiap siklusnya hingga mencapai indikator keberhasilan “sangat baik” dengan skor 77, aktivitas siswa juga meningkat setiap siklusnya mencapai indikator keberhasilan “sangat aktif” dengan skor 73. Serta hasil dalam pelaksanaan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresi siswa mengalami penurunan di setiap siklus mencapai indikator keberhasilan “sangat berhasil” dengan skor 77.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI