DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PENERAPAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA MUATAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI
PENGARANG:TEGUH PANGARIBOWO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


                                 ABSTRAK

Pangaribowo, Teguh. 2020. “Analisis Komparatif Penerapan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) pada Muatan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri”. Skripsi program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata kunci : Analisi Komparatif, Group Investigation, Mind Mapping, Course Riview Horay.

Studi pendahuluan pada penelitian ini yaitu dua buah hasil penelitian oleh Dina Alfisa yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Pengaruh Lingkungan Terhadap Mata Pencaharian Masyarakat Terkait dengan Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation  Dikombinasikan dengan Model Mind Mapping dan Course Review Horay  pada Siswa Kelas IV SDN Pekauman 2 Kabupaten Banjar”. Studi penelitian yang kedua yaitu hasil penenlitian dari Eka Lusyani yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind  Mapping Dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Landasan Ulin Timur”.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam penerapan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif komparatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi dokumentasi yang menggunakan bahan analisis berupa skripsi PTK oleh Dina Alfisa dan Eka Lusyani.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kombinasi model Group Investigation, Mind Mapping dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kedua buah skripsi. Pada skripsi 1 aktivitas guru dan mendapatkan skor maksimal 98 pada siklus III dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 93% pada siklus III dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan klasikal maksimal 95% pada siklus III dengan kriteria sangat baik. Pada skripsi 2 aktivitas guru mendapatkan skor maksimal 97 pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan klasikal maksimal 85% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan klasikal maksimal 93% pada siklus IV dengan kriteria sangat baik.

Dengan demikian berdasarkan temuan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Aktivitas siswa skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Hasil belajar ranah kognitif skripsi 1 lebih baik dibanding skripsi 2.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI