DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kepuasan kerja Dengan kinerja Guru SMPN Se – Kecamatan Dusun Timur kabupaten Barito Timur
PENGARANG:SALIKURNIMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


 

Salikurnima. 2020. Hubungan Supervisi Kepala Sekolah,Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja  dengan Kinerja Guru SMPN  Se–Kecamatan Dusun Timur Kabupaten  Barito Timur. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd. (II)Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad.

 

      

 

Kata kunci :   Supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi, kepuasan kerja, kinerja guru

Permasalahan yang terjadi di lapangan ada beberapa kepala sekolah yang tidak melakukan supervisi dikarenakan kesibukkan di antaranya  rapat dan kegiatan di luar  sekolah sehingga tidak memberikan arahan secara maksimal kepada guru terutama guru yang masih memiliki banyak kekurangan.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan supervisi kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kepuasan kerja dengan kinerja guru SMPNSe–Kecamatan Dusun Timur KabupatenBarito Timur.

 

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 91 guru SMPN Se - Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur. Adapun teknik mengumpulkan data dengan observasi dan penyebaran angket. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah teknik korelasi ganda dan diagram jalur untuk menampilkan gambaran dari hubungan antar variabel sesuai dengan asumsi yang digunakan.

Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis dengan korelasi ganda  menunjukkan bahwa semua hipotesis statistik  dimana  >  pada taraf signifikansi 5%. Terdapat hubungan  positif dan signifikan antara Supervisi Sekolah dan Kepuasan Kerja, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, terdapat hubungan positif dan  signifikan antara Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru, terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru, terdapat hubungan positif dan  signifikan antara Supervisi Sekolah dan Motivasi Berprestasi dengan Kepuasan Kerja, terdapat hubungan positif dan  signifikan antara Supervisi Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi Berprestasi dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru.

Disarankan Kepada guru–guru SMPN se-kecamatan Dusun Timur kabupaten Barito Timur agar tetap mempertahankan kualitas kerja, kecepatan/ketepatan kerja, kemampuan kerja dan komunikasi serta meningkatkan  inisiatif dalam bekerja.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI