DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Bahan Ajar alat Optik dengan Model Creative Responsibility Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik
PENGARANG:M. DENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


 

Keterampilan proses sains termasuk keterampilan penting dalam pembelajaran fisika, namun keterampilan tersebut kurang dilatihkan di sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar alat optik dengan model CRBL yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas XI PMIA 2 SMAN 3 Banjarmasin yang terdiri dari 15 laki-laki dan 20 perempuan. Pengumpulan data melalui instumen validasi pakar, pengamatan keterlaksanaan RPP, dan tes keterampilan proses sains.Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) bahan ajar termasuk valid karena hasil validasi RPP, LKPD, buku ajar, dan THB dengan kategori valid; (2) bahan ajar termasuk praktis karena keterlaksanaan RPP sebesar 89,86 dengan kategori sangat baik; (3) bahan ajar termasuk efektif karena perolehan gain score keterampilan proses sains sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar alat optik dengan model CRBL termasuk layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI