DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL FLUIDA STATIS BERMUATAN PEMBELAJARAN OTENTIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
PENGARANG:ZAKIAH ARSYAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-19


 

Tidak adanya modul bermuatan pembelajaran otentik menjadikan keterampilan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul fluida statis bermuatan pembelajaran otentik yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate), di mana uji coba kelas menggunakan one group pre-test and post-test design. Subjek uji coba adalah 33 peserta didik kelas X B SMK ISFI Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen lembar validasi modul, keterlaksanaan RPP dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul termasuk valid karena pada aspek format, bahasa, isi, penyajian dan manfaat modul memenuhi kategori valid, (2) modul termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan kategori sangat baik, (3) modul termasuk efektif karena hasil uji mann whitney diperoleh sig. = 0,00; berarti ada peningkatan keterampilan pemecahan masalah secara signifikan. Selain itu, keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, modul fluida statis bermuatan pembelajaran otentik adalah layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI