DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Melalui Kelekatan Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak TK Gugus Anggrek di Kecamatan Banjarmasin Barat
PENGARANG:NURILLA SANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


Kata kunci:  Lingkungan Keluarga, Tingkat Pendidikan Orangtua, Kelekatan Orang Tua,  Perkembangan Kognitif.

 

Permasalahan yang terjadi pada anak TK adalah kurang berkembangnya dari aspek kognitif anak terutama dalam hal empat aspek, yaitu 1) Kematangan 2) Pengalaman, 3) Interaksi antara individu dan dunia luar, 4) Ekuilibrasi. Hal ini dilihat kurangnya dukungan keluarga yang masih belum diterapkan di keluarga, kemudian tingkat pendidikan orangtua juga memberikan andil besar terhadap aspek kognitif anak serta kelekatan orangtua kepada anak dapat mengembangkan kognitif anak dalam belajar. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan  tingkat pendidikan orang tua melalui kelekatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak TK Gugus Anggrek di Kecamatan Banjarmasin Barat.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode expalatory yaitu sebab akibat. Populasi penelitian ini berjumlah  415 dengan teknik sampel proporsional dengan sampel 204 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis path.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  lingkungan keluarga terhadap perkembangan kognitif anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 0.248. Terdapat pengaruh  tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 4.587. Terdapat pengaruh langsung kelekatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 0.333. Terdapat pengaruh   lingkungan keluarga terhadap kelekatan orang tua  anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 0.459. Terdapat pengaruh  tingkat pendidikan orang tua terhadap kelekatan orang tua  anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 7.682. Terdapat pengaruh   tidak langsung lingkungan keluarga melalui kelekatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 0,031. Terdapat pengaruh   tidak  langsung tingkat pendidikan orang tua melalui kelekatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak TK Gugus Anggrek DI Kecamatan Banjarmasin Barat sebesar 0,641.

Disarankan hendaknya sebagai orang tua dapat memahami dengan baik cara mendidik anak sehingga dapat memberikan kemandirian pada anak dan mereka dapat memahami diri mereka di masa yang akan datang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI