DIGITAL LIBRARY



JUDUL: FORMULASI DAN EVALUASI SEDIAAN MASKER PEEL-OFF EKSTRAK BUAH KASTURI (Mangifera casturi Kosterm.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI PVA
PENGARANG:NHAYA RISKITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


ABSTRAK

 

FORMULASI DAN EVALUASI SEDIAAN MASKER PEEL-OFF EKSTRAK BUAH KASTURI (Mangifera casturi Kosterm.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI PVA (Oleh: Nhaya Riskita; Pembimbing: Sutomo & Mia Fitriana; 2020; 29 halaman)

 

Buah kasturi (Mangifera casutri Kosterm.) merupakan salah satu tanaman endemik Kalimantan Selatan yang mengandung antioksidan alami. Ekstrak buah kasturi diformulasikan menjadi sediaan masker peel-off dengan menggunakan PVA sebagai film-forming agent. Masker peel-off memiliki beberapa manfaat, diantaranya mampu merilekskan otot-otot wajah, membersihkan dan melembabkan kulit wajah serta efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sifat fisik apa saja yang dipengaruhi oleh  variasi konsentrasi PVA dan menentukan pengaruh variasi konsentrasi PVA terhadap sifat fisik sediaan masker peel-off ekstrak buah kasturi. Variasi konsentrasi PVA yang digunakan antara lain, formula 1 (8%), formula 2 (10%) dan formula 3 (12%). Evaluasi yang dilakukan yaitu uji organoleptis, homogenitas, pH, daya lekat, daya sebar, waktu kering, dan uji hedonik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa variasi konsentrasi PVA menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada uji pH, daya lekat, daya sebar dan waktu kering sediaan. Kesimpulan dari penelitian ini variasi konsentrasi PVA berpengaruh terhadap uji organoleptis, pH, daya lekat, daya sebar dan waktu kering sediaan.

 

Kata kunci : Masker peel-off, ekstrak buah kasturi, PVA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI