DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MENYEBUTKAN KATA YANG MEMPUNYAI HURUF AWAL YANG SAMA DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK SIMPANG LIMAU BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:SITI RUSDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


ABSTRAK

 

Siti Rusdah 2020, Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak dalam Menyebutkan Kata Yang Mempuyai Huruf  Awal yang Sama dengan Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick  Metode Demonstrasi dan Media Gambar pada Anak Kelompok B TK Simpang Limau Banjarmasin Timur. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing M. Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd

 

Kata Kunci : Bahasa, Huruf Awal Yang Sama, Model Talking Stick Metode Demonstrasi dan Media Gambar

 

Penelitian ini berlatar belakang pada belum berkembangnya kemampuan bahasa anak dalam menyebutkan kata yang mempunyai huruf awal yang sama. Penyebabnya adalah kegiatan pengembangan guru masih belum optimal, guru hanya fokus pada buku pelajaran dan tidak menggunakan model  maupun metode dalam proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan strategi pembalajaran yang inovatif yaitu dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran talking stick metode demonstrasi dan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan belajar anak.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK)Penelitian tindakan dilaksanakan pada anak TK kelompok B tahun ajaran 2017/2018 di TK Simpang Limau Banjarmasin. Jumlah anak kelompok B yang menjadi objek penelitian adalah 16 orang terdiri dari anak laki-laki 8 orang dan anak perempuan 8 orang. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas anak, sedangkan data kuantitatif berupa lembar hasil karya anak untuk hasil belajar anak, Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila aktivitas guru sangat baik, aktivtas anak aktif dan hasil pencapaian perkembangan Berkembang Sesuai Harapan .

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model talking stick metode demonstrasi dan media gambar pada kemampuan bahasa anak dalam menyebutkan kata yang mempuyai huruf awal yang sama pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas anak dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif dan pada pengembangan belajar anak secara individu dan klasikal dinyatakan berhasil dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB)

Kesimpulan Aktivitas guru telah mencapai kriteria sangat baik dengan  skor 34. Aktivitas anak telah mencapai kriteria sangat aktif dengan skor 63,75Hasil capaian perkembangan anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan skor 100 %.

 

Saran untuk guru PAUD agar mencoba menerapkan model pembelajaran ini sebagai salah satu upaya agar dapat mengembangkan hasil belajar anak dalam kemampuan Bahasa sehingga mendapatkan hasil belajar secara optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI