DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL ANTER (KOMBINASI MODEL ADVANCE ORGANIZER, TIME TOKEN DAN BERMAIN PERAN) DI KELAS IV SDN MAWAR 6 BANJARMASIN
PENGARANG:FINA NOVITA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


 

Dewi, Fina Novita. 2020.“Upaya Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Model Anter (Kombinasi Model Advance Organizer, Time Token, dan Bermain Peran) di Kelas IV SDN Mawar 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : Dr. Noor Eka Chandra, M.Pd

Kata Kunci      : Hasil Belajar Kegiatan Ekonomi, Advance Organizer, Time Token dan      Role Playing (Bermain Peran)

 

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tidak aktif dalam aktivitas pembelajaran, siswa kurang memahami materi pembelajaran kegiatan ekonomi, serta beberapa diantara siswa kurang memahami serta tidak terlibat dalam aktivitas pembelajaran ataupun menyelesaikan tugas yang diberikan.

Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenisnya adalah Penelitian Tindakan KelasObjek penelitian ini adalah pembelajaran kegiatan ekonomi dengan penggunaan variasi model pembelajaran Advance Organizer, Time Token dan Role Playing (Bermain Peran). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi guru dan siswa.

Hasil penelitian menunujukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan, dalam kondisi  pra-tindakan dengan nilai klasikal  hanya 5%, menjadi 66.64% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 96.67% pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 64.37 pada siklus I meningkat dengan skor 76.67 pada siklus II. Aktivitas guru dari siklus I dengan skor 23 atau 71% menjadi dengan peroleh skor 28.5 atau 89% pada siklus II.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Advance Organizer, Time Token, dan Bermain Peran dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPS materi kegiatan ekonomi di kelas IV SDN Mawar 6 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI