DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LEVEL PENILAIAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA ASPEK KOGNITIF JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS TAHUN AJARAN 2019/2020
PENGARANG:HILMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


ABSTRAK

 

Hilma. 1610122120006. Level Penilaian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Aspek Kognitif Jenjang Sekolah Menengah Atas Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Edwin Wahyu Dirgantoro, S. Or, M.Pd. (II) Dr. Rahmadi, S. Pd, M. Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level penilaian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Aspek Kognitif. Penelitian dilakukan dengan melibatkan subyek penelitian Pendidik Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Atas yang berelasi dengan Universitas Lambung Mangkurat yang ada di Kota Banjarbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kemudian dokumen dianalisis menggunakan instrumen lembar observasi yang telah dibuat peneliti berdasarkan persetujuan Ahli.

Berdasarkandari 2 (dua) sampel Sekolah Menengah Atas di Kota Banjarbaru yang bermitra dengan Universitas Lambung Mangkurat maka peneliti menyimpulkan bahwa pada Aspek Kognitif sampel pertama perangkat pembelajaran, pendidik menyatakan tidak membuat perangkat pembelajaran melainkan hanya mengambil melalui website random, dan website tersebut tidak dapat diakses. Maka dari itu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dapat diasumsikan tidak ada. Sedangkan pada sampel kedua peneliti menyimpulkan bahwa pada Aspek Kognitif hanya memuat level C1 (Mengingat) dan C6 (Mencipta) yang artinya level penilaian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pengalami penurunan yang seharusnya memuat level C4 (Menganalisis) dan C5 (Mengevaluasi). Secara keseluruhan, hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan Dokumen Instrumen Level penilaian yang dibuat oleh Pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kota Banjarbaru belum sesuai dengan level penilaian.

Kata Kunci:Level Penilaian, Evaluasi, Aspek Kognitif, Afektif, Psikomotor, Pendidikan Jasmani, Kurikulum 2013.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI