DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROGIPUP GUNA MEMBANTU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS 5 DI SDN GAMBUT 2 KAB.BAJAR
PENGARANG:FATIMAH CHAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


 

Chairunnisa, Fatimah. 2020. Penerapan Model Pembelajaran PROGIPUP (PROblem Based Learning, GroUP Investigation, Picture and Picture) Guna Membantu Meningkatkan Hasil Belajar dan Pembelajaran PKN Pada Siswa Kelas 5 di SDN Gambut 2 Banjarmasin.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd

 

Kata Kunci : Benda-Benda Di Sekitar Kita Problem Based Learning (PBL), Group Investigation (GI), Picture and Picture dan Aktivitas Beajar Siswa.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, yang menyebabkan siswa kurang mengetahui konteks aktual, kurang aktif dan cepat merasa bosan saat belajar, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VB SDN Gambut 2 muatan PPKn tema Benda-Benda Di Sekitar Kita.Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan kombinasi model PBL,Group Investigation, dan Picture and Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB semester genap SDN Gambut 2 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 29 siswa. Data diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan ≥79%, dan KKM ≥60

 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai skor 29 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi 90% kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil belajar individu siswa dengan ketuntasan klasikal 100% pada pertemuan IV.

 

            Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada tema Benda-Benda Di Sekitar Kita menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Group Investigation (GI), Picture and Picture pada siswa kelas VB SDN Gambut 2 menigkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan, alternatif atau referensi dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI