DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING DI KELAS V SDN TELAGA BIRU 6 BANJARMASIN
PENGARANG:SYARIFAH NUR CAHAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


 

ABSTRAK

 

 

 

Cahaya, Syarifah Nur. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing Di Kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Noor Eka Chandra.

 

 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together, Snowball Throwing, Lingkungan Sahabat Kita.

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran terlaksana komunikasi satu arah, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran, dan kurangnya siswa dalam mengembangkan pelajaran. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui model pembelajaran Group Investigation, dikombinasi dengan Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Telaga Biru 6 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dengan teknik descriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 28 meningkat pada pertemuan 3 menjadi 46 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 58% ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup aktif meningkat pada pertemuan 3 menjadi 92% ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 50% meningkat pada pertemuan 3 menjadi 92% ketuntasan klasikal.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS tema lingkungan sahabat kita dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation, dikombinasi dengan Numbered Heads Together, dan Snowball Throwing dari segi aktivitas guru sudah terlaksana dengan katergori sangat baik, aktivitas siswa secara klasikal meningkat dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Khususnya tema lingkungan sahabat kita.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI