DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Sungai Sipai Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Tahun 2017
PENGARANG:ORINZIA YULI PERMADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-20


ABSTRAK

Orinzia Yuli Permadi. D1B114281. Efektivitas Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Sungai Sipai Tahun 2017. Dibawah bimbingan Suriansyah Umar, selaku dosen pembimbing I dan Ellisa Vikalista selaku pembimbing II.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dana desa dalam pembangunan infrastruktur di desa sungai sipai tahun 2017.

Metode penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dana desa dalam pembangunan infrastruktur di Desa Sungai Sipai tahun 2017 dengan menggunakan pencapaian tujuan dan pendekatan sasaran oleh Georgopoulus Dan Tannenbaum.

Berdasarkan penelitian dan pembahasan di lapangan, penelitian mengenai efektivitas dana desa dalam pembangunan infrastruktur di desa Sungai Sipai tahun 2017 sudah dapat dikatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan dari ke dua indikator efektivitas yang digunakan terdiri dari pencapaian tujuan dan pendekatan sasaran sudah optimal dan efektif serta berjalan dengan baik sehingga masyarakat desa Sungai Sipai sangat terbantu dengan adanya program pembangunan infrastruktur ini.

Adapun saran yang dapat disampaikan kepada Kantor Desa Sungai Sipai dalam meningkatkan kualitas desa terutama pada pembangunan infrastruktur dimana perlu dimusyawarahkan lagi mengenai pembangunan infrastruktur yang kegunannya dirasakan oleh masyarakat luas dengan kata lain lebih ditingkatkannya fasilitas umum yang lebih dirasakan oleh masyarakat desa Sungai Sipai ataupun masyarakat desa lainnya serta kualitas kerja efektif ini dipertahankan agar desa Sungai Sipai kedepannya akan semakin maju.

 

Kata kunci : Efektivitas, Kantor Desa Sungai Sipai, Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI