DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MODEL PROBLEM SOLVING DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) DAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN DI KELAS IV SD
PENGARANG:NORMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-21


Norma. 2020. Analisis model Problem Solving dikombinasikan dengan model Student Teams Achivement Division (STAD) dan Scramble untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan PKn di kelas IV SD. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci:Aktivitas Belajar, Problem Solving, Student Teams Achivement Division (STAD, Scramble.

Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Siswa belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hal ini disebabkan pembelajaran dilakukan masih konvensional, yaitu siswa masih mengandalkan guru sebagai sumber belajar dan informasi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Problem Solving dikombinasikan dengan model Student Teams Achivement Division (STAD) dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur. Data yang diperoleh melalui teknik studi literatur penelitian terdahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis.

Hasil penelitian menunjukkan temuan hasil penelitian terdahulu pada sub fokus 1, sub fokus 2, sub fokus 3, dan elaborasi semua temuan sub fokus menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solving dikombinasikan dengan model Student Teams Achivement Division (STAD) dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan PKn di kelas IV SD.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI