DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELANGGARAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3SPS) PADA IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN HAGO PASTI JAGO VERSI GURU DAN MURID)
PENGARANG:TYAS SYIFA NUR ISLAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-21


ABSTRAK

 

Tyas Syifa Nur Islami, D1C115230. 2020. Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran Dan Standar Program Siaran (P3SPS) Pada Iklan Televisi (Analisis Semiotika Pada Iklan Hago Pasti Jago Versi Guru Dan Murid). Dibimbing oleh Lalita Hanief, S.Sos., M.Si dan Achmad Bayu Chandrabuwono, S.Ikom., M.A.

Iklan Hago pasti jago versi guru dan murid hakikatnya bertujuanuntuk menyampaikan manfaatdaribermain game yang dapatmembuathubungan dan interaksi sosial lebih menyenangkan, namun kenyataannya pesan tersebut tidak tersampaikan dengan baik. Pada awal kemunculannya, iklan Hago mendapatkan kecaman sehingga membuat iklan ini menjadi kontroversial bahkan berujung pada pencabutan izin tayangnya. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana tanda yang menggambarkan makna pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam iklan Hago pasti jago versi guru dan murid tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengantipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan caraobservasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan semiotika model Charles Sanders Peirce.

Dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat tanda pada adegan iklan Hago yang melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Tanda dalam adegan iklan tersebut terbuktimelanggarsetelahdilakukananalisismenggunakansemiotika Charles Sanders Peirce dengankonseptrikotonominya yang terdiriatasrepresentamen, object, dan interpretant. Tanda dalamadeganiklanHagoterlihattidaksesuaidenganaspekbudaya yang ada di Indonesia.

Kata Kunci: Iklan Hago, Semiotika, Pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI