DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP IMUNISASI DASAR LENGKAP DALAM PROGRAM DINAS KESEHATAN (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin)
PENGARANG:LUTHFIA MUBAROKAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-21


ABSTRAK

 

Luthfia Mubarokah, D1B115218, 2020 “Tingkat Penerimaan Masyarakat Terhadap Imunisasi Dasar Lengkap Dalam Program Dinas Kesehatan (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin)”, di bawah bimbingan Siti Hamidah selaku dosen pembimbing.

Program imunisasi merupakan program penyelenggaraan pelayanan kesehatan prioritas di Indonesia yang diimplementasikan dari pemerintah pusat hingga daerah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerimaan program imunisasi dasar lengkap pada masyarakat Kelurahan Pelambuan Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Analisis penelitian ini menggunakan variabel tingkat penerimaan (difusi inovasi). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif.  Sampel dalam penelitian ini adalah orangtua, khususnya ibu yang memiliki anak berusia 12-24 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung ke 55 orang responden. Tahap pengetahuan masyarakat mengenai imunisasi dasar lengkap berdasarkan hasil penelitian berada pada kategori  tinggi , tahap persuasi masyarakat mengenai imunisasi dasar lengkap berdasarkan hasil peneitian memiliki kategori rendah , tingkat tahap keputusan masyarakat mengenai imunisasi dasar lengkap berdasarkan hasil peneitian memiliki kategori rendah, terakhir tingkat tahap konfirmasi masyarakat mengenai imunisasi dasar lengkap berdasarkan hasil penelitian diketahui memiliki kategori rendah. secara keseluruhan tingkat penerimaan imunisasi dasar lengkap pada masyarakat Kelurahan Pelambuan berada pada kategori rendah ditinjau dari empat dimensi difusi inovasi.

Saran dari peneliti kepada pemerintah khususnya Dinas Kesehatan dan Puskesmas Pelambuan, diharapkan selalu memberikan penyuluhan kepada masyarakat terutama pada orangtua bayi tentang pentingnya imunisasi agar dapat meningkatkan cakupan penerimaan program imunisasi dasar lengkap.

 

Kata Kunci: Imunisasi, Pengetahuan, Persuasi, Keputusan, Konfirmasi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI