DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNA RUNGU DI SLBC NEGERI PEMBINA LIANG ANGGANG BANJARBARU
PENGARANG:JAIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-21


 

ABSTRAK

 

 

 

Jaimah, 2020. Penerapan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (1) Agus Pratomo Andi W., M.Pd dan   ( II) Bapak Sihadi., M.Pd.

 

 

 

Kata kunci : Engklek, Kemampuan Membaca, Anak Tuna Rungu

 

 

 

Permasalahannya bahwa selama observasi bahwa Anak tunarungu di di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru masih pada tahap membaca permulaan, peserta didik masih belum paham dengan apa yang dibacakan. Anak tunarungu masih kurang artikulasi anak belum jelas, dan mengalami hambatan dalam kejelasan membaca suku kata dan kata sehingga sulit untuk di mengerti oleh orang lain. Anak tunarungu terbatasnya kemampuan daya ingat anak tunarungu sehingga akan mempengaruhi kemampuan membaca. Minat dan motivasi belajar pada anak tunarungu dalam membaca kurang baik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan permainan engklek  dalam mengembangkan kemampuan membaca anak tuna rungu di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru.

 

Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu menjelaskan dengan menggunakan angka-angka untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan dalam belajar membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan meksperimen dengan kasus penelitian subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) yaitu 2 orang anak tunarungu. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  Mean A1 mencapai hasil yaitu rata-rata 5.8 sebelum melakukan intevensi kepada 2 orang anak dengan persentasi 58%. Kemudian pada Mean B2 saat intervensi mencapai hasil yaitu rata-rata 6 dengan persentasi yaitu 60%. Kemudian setelah diberikan intervensi maka hasil mencapai 9 dengan persentasi 88.3%,  maka disimpulan hahwa hal ini menunjukkan setelah diberikan intervensi pada 2 orang anak maka dapat dilihat bahwa ada kenaikan yang signifikan kemampuan anak tunarungu dalam membaca. Artinya dengan menggunakan Penerapan permainan engklek dapat mengembangkan kemampuan membaca anak tuna rungu di SLBC Negeri Pembina Liang Anggang Banjarbaru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI