DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SELF ESTEEM DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:ANNISA FAJRIATIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-22


Aktivitas dan hasil belajar saling berhubungan satu sama lain dalam kegiatan belajar
mengajar di kelas. Aktivitas belajar siswa dinilai sangat mempengaruhi prestasi
akademik yang mengacu pada hasil belajar siswa. Dalam mencapai aktivitas siswa
yang memuaskan diperlukan self esteem. Penelitian ini dilakukan untuk
mendiskripsikan self esteem, aktivitas belajar dan hasil belajar, menganalisis
adanya pengaruh self esteem dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika
siswa SMA Negeri se-Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuantitatif deskriftif. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 1914
siswa kelas X jurusan IPA SMA Negeri se-Kota Banjarmasin. Pengambilan data
menggunakan teknik proposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 644.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket self esteem
dan angket aktivitas belajar, untuk hasil belajar digunakan dokumentasi berupa
hasil ulangan akhir semester ganjil 2019/2020. Data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan hipotesa.
Berdasarkan hasil analisiss deskriftif bahwa self esteem berada pada katagori
sedang dan aktivitas belajar berada pada katagori sedang sedangkan hasil belajar
berada pada katagori cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh
antara self esteem dan aktivitas belajar dengan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI