DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA WIRAUSAHA BARU PADA SEKTOR EKONOMI KREATIF DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:TRIE PRAWITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-22


ABSTRAKSI

Trie Prawitasari (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Wirausaha Baru Pada Sektor Ekonomi Kreatif Di Kota Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Yunani, SE, M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha wirausaha baru pada sektor ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin; (2) menganalisis faktor yang dominan berpengaruh terhadap pendapatan usaha wirausaha baru pada sektor ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Data dihitung dengan analisis regresi linear berganda melalui program SPSS 26.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor modal kerja, pendidikan, umur, jam kerja, dan jenis kelamin secara statistik bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan usaha. Artinya, apapun besar kecilnya maupun tingkatannya modal kerja, pendidikan, umur, jam kerja, dan jenis kelamin akan sangat mempengaruhi pendapatan usaha wirausaha baru pada sektor ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa modal kerja merupakan faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan usaha wirausaha baru pada sektor ekonomi kreatif di Kota Banjarmasin. Dapat dilihat bahwa hasil penelitian yang paling berpengaruh signifikan. Hal tersebut disebabkan oleh modal kerja merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam menjalankan usaha.

 

Kata Kunci: Modal Kerja, Jenis Kelamin, Pendapatan, Wirausaha Baru, Ekonomi Kreatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI