DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 4 DI SLBN 2 MARTAPURA
PENGARANG:DIANA GUSMALINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-10-23


ABSTRAK

 

Diana Gusmalinda, 2019. “ Efektivitas media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak tunagrahita ringan kelas 4 di SLBN 2 Martapura ”. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Progam Pendidikan: Pendidikan Khusus  Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

 

Kata Kunci: media big book, membaca, tunagrahita ringan

 

Permasalahan yang ada dilapangan menunjukkan bahwa anak tunagrahita tersebut akademik nya yang dibawah pada rata-rata anak pada umumnya. Kemampuan akademik pada dasarnya seperti : membaca, menulis, dan berhitung. Kemampuan akademik dalam hal ini yaitu pada kemampuan membaca yang belum bisa secara sempurna, akan tetapi pada kemampuan motorik halus maupun motorik kasar anak mampu melakukannya. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan melalui media big book, sehingga anak dapat membaca tanpa bantuan guru ataupun pendamping.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre exsperiment design, penelitian ini dilakukan pada subjek yang bernama R, A, dan M di SLBN 2 Martapura. Pengumpulan data ini menggunakan observasi langsung dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai keefektifivan media big book pada anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri 2 Martapura. Dapat di simpulkan bahwa kemampuan membaca anak tunagrahita ringan efektif melalui media big book di SLB Negeri 2 Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI